AUDIT MUTU INTERNAL PRODI DIII KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS JEMBER KAMPUS KOTA PASURUAN TA 2019/2020

Audit Mutu Internal (AMI) adalah kegiatan untuk mengevaluasi pencapaian standar mutu oleh setiap organ di Universitas Jember yang dilaksanakan setiap tahun. Orientasi AMI pada periode 2019/2020 adalah evaluasi pencapaian standar mutu internal dengan tolak ukur akreditasi berdasarkan instrumen dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan Lembaga Akreditasi Mandiri PT Kesehatan (LAM-PTKes). Kegiatan AMI pada TA 2019/2020 terdiri atas 2 jenis platform pengisian, yaitu LKPS (Laporan Kinerja Program Studi) dan LEDPS (Laporan Evaluasi Diri Program Studi). Kegiatan AMI dilakukan setelah tahun akademik yang akan diaudit telah selesai, yaitu setiap bulan Agustus-September, atau paling lambat sebelum tahun akademik berikutnya. Kegiatan AMI 2019/2020 dibagi menjadi 2 tahap, yaitu: 1) Tahap Penyusunan LKPS dan LEDPS; dan 2) Tahap Visitasi Daring.

Kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) tahun akademik 2019/2020 Prodi DIII Keperawatan Fakultas Keperawatan UNEJ Kampus Kota Pasuruan dilaksanakan secara daring pada hari Rabu, 3 Februari 2021, pukul 09.00-14.00 WIB.  Acara ini dihadiri oleh seluruh dosen dan tenaga pendidik yang ada di Prodi DIII Keperawatan Fakultas Keperawatan UNEJ Kampus Kota Pasuruan, Tim GPM Fakultas Keperawatan. Yang bertindak sebagai Asesor dalam AMI periode 2019/2020 ini adalah Dr. Siti Komariyah, S.E., M.Si dan Ir. Giyarto, M.Sc.

            Berdasarkan hasil AMI yang dilaksanakan, ada beberapa hal yang harus ditingkatkan antara lain 1) kerjasama dengan institusi/lembaga dari luar negeri 2) keterlibatan dosen dari kalangan praktisi 3) recognisi dosen 4) penelitian yang mengarah ke agronursing yang merupakan penciri program studi 5) perlu dibuat suatu kebijakan yang mengatur pengintegrasian penelitian/PKM dalam pembelajaran 6) penelitian yang berasal dari dana hibah perlu ditingkatkan untuk menunjang dan meningkatkan luaran penelitian di bidang agronursing.

Diharapkan hasil Audit Mutu Internal (AMI) ini dapat menjadi dasar bagi peningkatan mutu dan pengembangan berbagai program untuk mencapai visi Prodi DIII Keperawatan Fakultas Keperawatan UNEJ Kampus Kota Pasuruan.

Tags