Berbagi dukungan pada petani kopi

Seminggu penuh mahasiswa Kelompok 3 Kelas 3A Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang melakukan Praktik Klinik Keperawatan Agronursing di Dusun Mlambing Desa Burno Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang,  praktik tersebut dimulai pada hari Selasa tanggal 22 September 2020 sampai hari Senin tanggal 28 September 2020. Kelompok ini mendapatkan bimbingan oleh 2 Dosen mata kuliah agronursing yaitu  Bapak Dr. Suhari, A.Per.Pen.,M.M dan Bapak R. Endro Sulistyono, S.Kep.,Ners.,M.Kep. Bapak Suhari mengatakan tujuan praktik klinik keperawatan agronursing ini yaitu memberikan asuhan keperawatan dan mengaplikasikan intervensi yang sesuai dengan masalah pada kelompok petani kopi, bukan hanya aspek fisik melainkan unsur psikologi, spiritual juga perlu ditangani.

[ngg src=”galleries” ids=”2″ display=”basic_slideshow”] 

Kami melakukan pendekatan dengan cara  kunjungan dari rumah ke rumah mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi. Pengkajian yang kami lakukan kepada kelompok tani kopi Sumber Jambe 2 bertujuan untuk mencari informasi data terkait kesehatan psikologis. Dari hasil pengkajian yang kami lakukan di dapatkan hasil yang mempengaruhi kesehatan psikologis meliputi gagal panen; penyakit (hama dan jamur); pergantian cuaca yang tidak menentu, dll. Beberapa faktor tersebut dapat memicu risiko terjadinya tekanan darah tinggi, gangguan tidur, pikiran tidak tenang (cemas), dll. hal tersebut merupakan beberapa tanda gejala yang mungkin terjadi akibat dari gangguan psikologis (stress).

Intervensi yang dilakukan pada kami yaitu melakukan penyuluhan tentang menjaga kesehatan psikologis dan memberikan dukungan penuh terhadap kesehatan psikologis. Selain itu kami juga memberikan penyuluhan tentang protokol kesehatan pencegahan covid-19 serta melakukan tindakan  pengukuran tekanan darah, pengecekan gula darah acak, serta untuk mendukung program 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan jaga jarak) kami menyediakan handsanitizer, sabun cuci tangan dan masker.

Kelompok tani Sumber Jambe 2 memiliki kegiatan rutin 2 minggu sekali yang dilakukan pada hari Senin, 28 September 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus dan anggota kelompok tani sumber jambe 2 serta 6 orang mahasiswa dari kelompok 3 praktik klinik keperawatan agronursing. Dan kebetulan Bapak Kepala Desa Burno menghadiri kegiatan ini untuk menyampaikan informasi terkait hasil pertanian yang akan dikembangkan menjadi olahan yang berinoasi sesuai perkebangan zaman. kegiatan ini dilaksanakan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan.   

 

Selanjutnya Bapak Sutondo selaku kepala desa memberikan ucapan terima kasih kepada kelompok 3 “Alhamdulillah kelompok tani sumber jambe 2 dusun mlambing Desa Burno masih diperhatikan terkait kesehatan kelompok tani. Saya mengucapkan terimakasih kepada kelompok yang sudah memberikan edukasi terkait menjaga kesehatan psikologis pada petani kopi dan protokol kesehatan pencegahan covid-19”. 

Selain itu bapak emput selaku ketua kelompok tani sumber jambe 2 mengucapkan terima kasih kepada kelompok 3 karena sudah mau datang dan memberikan banyak informasi terkait dengan masalah psikologis pada petani kopi dan protokol kesehatan pencegahan covid-19 dan menyampaikan permohonan maaf tidak bisa memberikan yang terbaik jika selama kelompok 3 ada di desa mlambing.

[ngg src=”galleries” ids=”3″ display=”basic_slideshow”]