BUMDES ANOMAN BINAAN KERIS DENSUS TERUS BERGERAK MENEBAR MANFAAT

Lumajang, 30 September 2021 – Langkah untuk mewujudkan desa Burno, kecamatan Senduro, kabupaten Lumajang sebagai salah satu desa eduwisata yang berbasis agronursing terus dilakukan oleh tim Kelompok Riset Disaster And Emergency Nursing Studies atau biasa disebut Keris Densus Program Studi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang. Salah satu contoh upaya yang sedang dilaksanakan oleh tim Keris Densus adalah melakukan pendampingan dalam pengelolaan Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes yang dibentuk pada tahun 2020 agar pembentukan Bumdes ini dapat berperan maksimal sesuai tujuan yang diharapkan yaitu member wadah bagi potensi yang beranekaragam yang dimiliki oleh desa Burno.

Dr. Suhari, A.Per.Pen., M.M., selaku ketua Keris Densus menyatakan bahwa “Bumdes ini terbukti sangat membantu masyarakat di desa Burno. Salah satu bentuk Bumdes yang sudah dilaksanakan adalah pembayaran token listrik, telepon dan layanan tabungan desa. Selain itu Bumdes sendiri memberikan pelayanan kredit dan asuransi mikro yang dijamin oleh penjamin simpanan LPS yang bekerjasama dengan Bank BRI untuk mengembangkan BumdesBurno. Bumdes Anoman ini terus berkembang walupun masih dalam tahap rintisan”.

“Pendirian Bumdes ini dapat meningkatkan kesejahteraan warga Desa Burno karena usaha yang ada akan semakin terarah. Pelaksanaannya juga sudah berjalan dengan menggunakan alatsederhana seperti handphone untuk melayani masyarakat,” Ujar Harsih, selaku pengurus Bumdes Anoman,seraya mengucapkan terimakasih atas pendampingan yang telah diberikan oleh Universitas Jember KampusLumajang.

“Bumdes ini diberi nama Anoman agar sesuai dengan nama sekolah desa yang dibina oleh Keris Densus. Anoman sendiri memiliki kepanjangan Agronursing for tourism and education. Harapan masyarakat, desa Burno menjadi eduwisata yang fokus pada pertanian, peternakan dan wisata desa yang dikolaborasikan dengan ilmu keperawatan ini tetap akan terwujud”, imbuh Tohar selaku ketua Bumdes Anoman Burno. (Ang/EUUT)