Career Development Center Menyiapkan Lulusan Siap Kerja

Jum’at-Sabtu (11-12 Desember 2020), Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember kampus Lumajang secara online menyelenggarakan pembinaan etika profesi kepada 76 Ahli Madya Keperawatan yang baru lulus di tahun 2020. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya, guna menyiapkan lulusan yang unggul siap bekerja.

Dalam kegiatan ini peserta yang juga merupakan perawat muda diberikan bekal tentang etika profesi, peluang bekerja di bidang keperawatan, perkembangan karir, kepemimpinan,budaya kerja di Rumah Sakit di era pandemic covid-19, kewajiban alumni terhadap almamater, tips menulis lamaran pekerjaan yang berkualitas, tips menghadapi interview sukses, hingga bagaimana berbusana dan berias dalam mempersiapakan diri bekerja. Uniknya dalam acara ini peserta diminta mengkondisikan dirinya siap menghadapi interview penerimaan perawat, peserta memakai pakaian seolah-olah saat ini sedang menghadapi interview pekerjaan. Hal ini dimaksudkan supaya peserta belajar bagaimana menyiapkan diri, penampilan dan komunikasi yang benar dan berkualitas sehingga saat interview benar-benar sudah siap. Dan lulusan Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember kampus Lumajang siap merebut peluang kerja yang semakin ketat.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah pakar di bidang masing-masing langsung dari DUDI (dr.Koeswandono,Direktur RS Wijaya Kusuma, Lumajang), organisasi profesi (DPD PPNI Lumajang, Dr.Suhari), alumni yang telah sukses (Eko Wahyu, alumni dan laboran teladan tingkat nasional) dan dosen Prodi D3 Keperawatan kampus Lumajang diantaranya Ns Laili Nur azizah,M.Kep, Ns. Zainal Abidin,M.Kes, Ns. Rizeki Dwi F,M.Kep, Dwi Ochta P,M.KKK. Peserta juga dibekali nilai-nilai spiritualitas dalam mempersiapkan diri bekerja sehingga harapannya menjadi perawat professional yang tetap menjunjung tinggi nilai-nilai spiritual.

[tp_heading_animation prefix=”” ani_title=”Gambar Narasumber diambil dari tangkapan layar aplikasi.” heading_text_align=”center” postfix_prifix_font_size=”10px” ani_color=”#dd3333″ ani_size=”20px”]

Di akhir acara peserta diajak mempraktekkan langsung cara menghadapi sukses interview, meliputi cara menjawab pertanyaan, pemilihan kata, body language,cara berpenampilan hingga menyiapkan berbagai kebutuhan dalam menyiapkan lamaran pekerjaan termasuk dokumen apa saja yang harus disiapkan dalam melamar pekerjaan.

[tp_heading_animation prefix=”” ani_title=”Gambar Kegiatan Worshop” heading_text_align=”center” postfix_prifix_font_size=”10px” ani_color=”#dd3333″ ani_size=”20px”]

Pembekalan etika profesi ini dirasakan sangat bermanfaat bagi semua peserta dibuktikan peserta sangat aktif dan antusias menyimak setiap materi dan workshop, berdiskusi terkait persiapan dirinya melamar pekerjaan dan berkompetisi dalam dunia kerja. Bonusnya peserta diberikan bekal tentang nurse preneur yang bisa menjadi peluang sukses kedua bagi perawat.Usai pembekalan profesi ini para alumni siap menjemput peluang kerja di dunia usaha dan dunia industry secara professional dan semangat tinggi. (Red/12/12/20)

Tags