DIESNATALIS MOMENT ON NURSING DAY (DIAMOND 2.0) PENINGKATAN KETERAMPILAN SERTA PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT MAHASISWA DENGAN TEMA “HEALTH PROMOTION UNTUK INDONESIA LEBIH BAIK”

Alfiya Putri Susanti, Nur Rachmawati, Rachmawati Khusna, Herlina Gumilang Sari.

(Panitia Diesnatalis D3 Keperawatan UNEJ Kampus Kota Pasuruan)

Pasuruan –  Minggu (27/07), D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan menyelenggarakan acara Diesnatalis dengan tema “Health Promotion untuk Indonesia Lebih Baik”. Acara diesnatalis ini disiarkan langsung melalui aplikasi Zoom meeting. Acara ini dipandu oleh Putri Mustikawati dan dibuka oleh bapak Nurul Huda S.Kep.Ns, S.Psi., M.Si. yang di wakilkan oleh Mukhammad Toha, S.Kep,.Ns., M.Kep. acara tersebut di hadirim oleh seluruh dosen, staff beserta mahasiswa Universitas Jember Kampus Pasuruan.

Dalam acara Kegiatan Diesnatalis Moment On Nursing Day (DIAMOND 2.0) Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan Tahun 2021 yang diadakan oleh HIMA D3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan merupakan salah satu program  kerja yang dilakukan secara perdana di masa pandemi COVID-19. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang  dapat dijadikan sebagai wadah untuk mahasiswa dalam meningkatkan pengetahuan mahasiswa di bidang pengembangan minat dan bakat selama masa pandemi COVID-19. Kegiatan acara diesnatalis ini dilaksanakan dari hari Sabtu (26/07) dengan serangkaian kegiatan lomba artikel kesehatan, lomba tari tradisional, Lomba TikTok dan lomba karaoke yang dilakukaan secara online. Pada hari kedua Minggu (27/07) puncak acara diesnatalis dilakukan mulai pagi hari pukul 08.00 yang dibuka dengan perlombaan tenis meja. acara kedua yaitu penyambutan dari bapak Mukhammad Toha, S.Kep.Ns. melalui Room Zoom yang di ikuti seluruh mahasiswa Prodi DIII Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan. Setelah penyampaian sambutan dari bapak Mukhammad Toha, S.Kep.Ns. Selanjutnya adalah pemotongan tumpeng yang di dampingi oleh bapak Bagus Dwi Cahyono,SST., M.Kes. Dilanjut pelepasan balon, yang di laksanakan di halaman depan kampus Prodi DIII Keperawatan Universitas Jember Kota Pasuruan.

Sebelum penutupan mc Putri Mustikawati menyampaikan di Room Zoom pemenang Lomba. Lomba TikTok yaitu, Dimenangkan oleh Tingkat 1A atas nama Nur Lita Sari. Lomba Karaoke Juara I dimenangkan oleh tingkat 1B, atas nama Farah Amalia Putri. Juara II dimenangkan oleh tingkat 1C, atas nama Nadifatul Ilmia. Lomba Artikel Kesehatan Juara I dimenangkan oleh tingkat 2B  dengan judul artikel “ANALISIS FAKTOR KORELATIF DIABETES DIUSIA MUDA DENGAN KORELASI ANTARA HORMON LEPTIN DAN KEBIASAAN BEGADANG” yang beranggotakan Istivaniyatus Saadah dan Ahda Khoirotun N., Juara II dimenangkan oleh 1A dengan judul artikel “IDENTIFIKASI PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KESEHATAN” yang beranggotakan Izza Afkarina dan Nur Fadin Alhammuda. Lomba Tari Tradisional Juara I dimenangkan oleh tingkat 1 C dengan Tari Manis Manja yang beranggotakan  Alfina Damayanti, Nur Lafifa, dan Vela Novita, Juara II dimenangkan oleh tingkat 1B dengan Tari Muji Sesanti yang beranggotakan Bunga Jannatul Firdaus, Novia Dwi Rachmayanti, dan Laila Nadiyah. Juara III dimenangkan oleh tingkat 2B dengan Tari Manuk Dadali yang beranggotakan Wiwid Novita Sari, Siti Karimatul Kamila, dan Atiya Isna Rodiyah. Lomba Tenis Meja Juara I dimenangkan oleh Bapak Mukhammad Chusaeri, Juara II dimenangkan oleh tingkat 2B atas nama Fabie Zavio Faruqie. Juara III dimenangkan oleh tingkat 1A atas nama Istina Linda Sari. Dan penyerahan hadiah kepada pemenang diberikan setelah penutupan kegiatan Diesnatalis. Jadi Kegiatan Diesnatalis ini memiliki tujuan Sebagai suatu bentuk ungkapan syukur dengan perayaan peringatan hari jadi. Terjalinnya hubungan keakraban antara mahasiswa satu dengan yang lainnya. Berkembangnya kemampuan para mahasiswa menjadi kreatif dan inovatif, mempublikasikan UNEJ Kampus Kota Pasuruan ke masyarakat luar.