Kegiatan Idhul Adha 1422 H

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang menyelenggarakan penyembelihan hewan qurban dalam rangka memperingati Idul Adha 1422 H pada Selasa (20/7/2021). Terdapat sesuatu yang berbeda pada kegiatan penyembelihan hewan qurban pada tahun ini, semua yang terlibat wajib mematuhi protokol kesehatan ketat. “Panitia dan semua yang terlibat harus mengenakan APD, harus mematuhi protokol kesehatan ketat dan tata cara penyembelihan yang sudah diterbitkan oleh pemerintah pusat, karena sekarang masih dalam kondisi pandemi, sehingga jangan sampai nanti menimbulkan klaster baru karena abai protokol kesehatan” ungkap Koordinator Prodi D3 Keperawatan Kampus Lumajang, Ns. Nurul Hayati, S.Kep., M.Kep.

Walaupun harus diselenggarakan dengan protokol kesehatan ketat, Achlish Abdillah, S.ST., M.Kes sangat mengapresiasi upaya panitia sehingga kegiatan peringatan Idul Adha 1422 H dapat terselenggara dengan lancar. “Awalnya sempat khawatir tidak bisa terlaksana, namun alhamdulillah panitia dari HIMA sangat luar biasa dalam menerapkan protokol kesehatan sehingga kegiatan ini terlaksana sesuai dengan yang diharapkan.” ungkap Pembina Hima tersebut.

“Dengan terselenggaranya kegiatan peringatan Idul Adha 1422 H ini, teman-teman mahasiswa akhirnya mempunyai wahana untuk mengamalkan syariat Islam yang tercantum dalam surat Al-Kautsar ayat 2. Semoga tahun-tahun selanjutnya tetap bisa terlaksana kegiatan peringatan Idul Adha disini”, tambah bapak yang akrab disapa Abah tersebut.

Qurban yang diselenggarakan oleh HIMA terdiri dari seekor sapi dan tiga ekor kambing. “Seekor sapi merupakan qurban hasil urunan mahasiswa Prodi D3 Keperawatan Kampus Lumajang dan tiga ekor kambing merupakan qurban dari bapak dan ibu dosen Prodi D3 Keperawatan Kampus Lumajang,” ujar Riza Wulansari selaku ketua panitia.

Hasil penimbangan dan pengemasan didapatkan 287 bungkus daging qurban yang terdiri 206 bungkus daging sapi dan 81 bungkus daging kambing. Bungkus yang digunakan adalah daun jati dan setiap bungkus memiliki berat 250 gram. Paket daging tersebut didistribusikan ke warga sekitar kampus, panti asuhan, staf Prodi D3 Keperawatan Kampus Lumajang, bapak/ibu yang melaksanakan qurban dan panitia. “Alhamdulillah daging qurban sudah didistribusikan sesuai dengan perencanaan dan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Semoga menjadi berkah bagi penerima dan bapak/ibu serta teman-teman yang melakukan qurban, terutama di saat pandemi ini”, ujar Vijay Saxsena selaku ketua HIMA.

Salah satu warga sekitar yang enggan disebut namanya mengaku sangat bersyukur bisa mendapatkan rejeki daging hewan qurban dari UNEJ Kampus Lumajang. “Alhamdulillah, dikala pandemi, dikala semua serba susah, masih ada adek-adek mahasiswa sekaligus staf UNEJ Kampus Lumajang yang berkenan berbagi dengan warga sekitar. Terima kasih ya dek, semoga Alloh membalas kebaikan anda dengan kebaikan yang melimpah juga”, ujar warga tersebut. [RAT-SYK]