Kuliah Pakar Keperawatan

Lumajang – Rabu (2 Desember 2020) telah diselenggarakan kuliah pakar keperawatan oleh Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Kuliah pakar ini bekerja sama dengan Indonesian Wound Ostonomy Continence Nurse Association(InWOCNA)Provinsi Jawa Timur. Narasumber yang dihadirkan adalah Ns. Wajan Juni Udjianti, S.Kep., ETN.dipandu oleh moderator AnggiaAstuti, S.Kp, M.Kep

Kuliah pakar ini disiarkan secara langsung melalui aplikasi zoom dan youtube Fakultas Keperawatan Universitas Jember diikuti oleh seluruh dosen dan mahasiswa Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember sejumlah 272 dimulai pada pukul 8.00 sampai jam ­­­­­­­­­11.00 WIB. Sambutan oleh Kaprodi D3Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember yaitu Ns. Nurul Hayati, S.Kep., MM. Beliau menyampaikan kuliah pakar adalah bentuk kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik khususnya dan mendukung Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi (P3TV) dibidang keperawatan luka di Prodi Keperawatan UNEJ Kampus Lumajang. Kegiatan ini bertujuan agar peserta memiliki pemahaman tentang perawatan luka dengan metode modern dressing.

Ibu Wajan memaparkan keperawatan luka dengan modern dressing didasarkan pada evidence baseddressing sehingga perawatan luka yang tepat akan mempercepat penyembuhan luka. Prinsip dalam melakukan dressing pada luka ada keadaan lembab atau moist. Ideal dressing berfungsi sebagai menjaga suhu luka, menjaga pH asam, atraumatic, bebasbahan toxin dan mencegah trauma lebih lanjut. Penggunaan modern dressing akan membuat efektifitas waktu, tenaga dan biaya perawatan. Sebagai seorang perawat jadilah be first, be different and be best untuk membawa perubahan di perkembangan ilmu keperawatan.

Semoga dengan terselenggaranya kuliah pakar ini dapat meningkatkan pengetahuan dan ilmunya barokah, serta semoga diberikan kesehatan menghadapi new normal era.  Aamiin YRA. (red)