HIMA Prodi D3 Keperawatan Fakultas keperawatan UNEJ Kampus Lumajang gelar munajat bersama (MABAR)

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang menyelenggarakan kegiatan MABAR (Mari Bermunajat Bersama) pada Minggu (01/08/2021). Kegiatan ini diselenggarakan secara daring melalui media Zoom Meeting pada pukul 19.30 WIB, yang dihadiri sekitar 100 lebih peserta yang meliputi dosen, tenaga kependidikan, tenaga penunjang, mahasiswa aktif hingga alumnus Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang.

Kegiatan Mari Bermunajat Bersama atau MABAR ini merupakan bentuk aksi spontanitas divisi kerohanian HIMA Prodi D3 Keperawatan FKep UNEJ Kampus Lumajang sebagai bentuk dukungan bagi civitas akademika Prodi D3 Keperawatan FKep UNEJ Kampus Lumajang yang sedang berjuang melawan Covid-19 sekaligus ikhtiar untuk mendatangkan pertolongan serta perlindungan dari Alloh bagi keluarga besar Prodi D3 Keperawatan FKep UNEJ Kampus Lumajang di masa pandemi ini. “Iya spontanitas diusulkan oleh rekan-rekan divisi kerohanian yang ingin memberikan dukungan dan doa bagi civitas akademika yang sedang berjuang melawan Covid-19. Sekalian, kita berdoa juga bagi seluruh keluarga besar Prodi D3 Keperawatan FKep UNEJ Kampus Lumajang yang masih dalam kondisi sehat agar senantiasa diberikan limpahan kesehatan dan perlindungan di masa pandemi ini”, ujar Vijay Saxsena selaku ketua HIMA.

WhatsApp Image 2021-08-04 at 19.06.37 (1)
Sambutan dari Vijay Saxena selaku Ketua HIMA Prodi D3 Keperawatan Fkep UNEJ Kampus Lumajang

Koordinator Prodi D3 Keperawatan FKep UNEJ Kampus Lumajang mengaku sangat mengapresiasi upaya dari pengurus HIMA menyelenggarakan kegiatan MABAR. “Saya sangat mendukung ketika teman-teman menghubungi saya untuk meminta ijin dalam menyelenggarakan kegiatan MABAR. Alhamdulillah, saat saya menyampaikan ke Ibu Dekan beserta jajaran, beliau mendukung bahkan beliau juga mendoakan kelancaran penyelenggaraan kegiatan MABAR ini”, ujar Ns. Nurul Hayati, S.Kep., M.M.

WhatsApp Image 2021-08-04 at 19.06.36 (1)
Sambutan dari Ns. Nurul Hayati, S.Kep., M.M selaku Koordinator Prodi D3 Keperawatan FKep UNEJ Kampus Lumajang

Beliau juga menambahkan bahwa penyelenggaraan kegiatan semacam MABAR ini sangat perlu digiatkan di era pandemi ini. “Dikala ikhtiar jasmaniah sudah dilakukan untuk melawan atau mencegah terjangkiti Covid-19, maka harus didukung juga dengan upaya batiniah, ya salah satunya melalui kegiatan MABAR ini. Bacaan Al-Qur’an, dzikir, do’a yang dilantunkan insya Alloh dapat meningkatkan sistem imunitas kita. Bila imun bagus, kita tidak mudah mengalami sakit. Semoga setidaknya salah satu do’a yang kita panjatkan pada malam ini diijabah oleh Alloh SWT, aamiin”, tambah Ketua FLS Kabupaten Lumajang tersebut.

Kegiatan MABAR dipandu oleh Bapak Zetiawan Trisno, S.KM., M.Kes. Sebelum beliau memandu para hadirin melantunkan bacaan istighotsah dan do’a, beliau memberikan sedikit tausiyah kepada semua peserta agar senantiasa melakukan 4 hal yang dapat menjadi perantara dijauhkannya kita dari marabahaya di masa pandemi ini. “Selain taat dan patuh terhadap protokol kesehatan, terdapat 4 hal yang dapat juga kita ihktiarkan agar kita terhindar dari terjangkit wabah ini. Yang pertama, marilah senantiasa menjadi hamba yang bertaubat. Yang kedua, marilah senantiasa kita membaca sholawat. Yang ketiga, marilah kita perbanyak sedekah, karena marabahaya tidak akan bisa mencelakai orang-orang yang gemar bersedekah. Lalu yang terakhir marilah kita senantiasa menjaga wudlu kita, bukan berarti menjaga wudlu saja, namun setelah berwudlu kita perbanyak kegiatan ibadah seperti bersholawat, tadarus al-qur’an, berdizikir, dll”, ujar beliau.

WhatsApp Image 2021-08-04 at 19.06.37
Zetiawan Trisno, S.KM., M.Kes Memandu Jalannya Kegiatan MABAR

Kegiatan MABAR berlangsung dengan khidmat. Nampak setiap peserta hanyut dan meresapi bacaan al-qur’an, dzikir, sholawat dan do’a yang dilantunkan. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan hingga selesai meskipun kegiatan ini berakhir hampir pada pukul 21.00 WIB. “Alhamdulillah, kegiatannya seperti ini sangat bagus, dapat menjadi support psikis bagi saya yang saat ini sedang menjalani praktik klinik, sehingga dapat mencegah munculnya keparnoan terkait covid-19 saat praktik. Saya berharap kegiatan seperti ini dapat terus terselenggara secara rutin. Bila ada lagi, sampai malampun insya Alloh saya siap ikut”, ujar salah satu peserta yang enggan disebutkan namanya. (RAT – SYK).