Membangun Generasi Millenial dengan Praktik Klinik Keperawatan Agronursing

Lumajang 25 September 2020

Mahasiswa Prodi D3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang melaksanakan kegiatan pembukaan Praktik Klinik Keperawatan Agronursing dengan tema “Membangun Generasi Milenial Dengan Praktik Klinik Keperawatan Agronursing” di Desa Burno, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang (24/9). Lokasi Desa Burno menjadi tempat pilihan pelaksanaan praktik klinik agronursing karena sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani dan peternak. Desa Burno merupakan desa binaan Universitas Jember Kampus Lumajang.

Kegiatan pembukaan ini dihadiri oleh kepala desa, sekertaris desa, kasi kesra, 5 dosen dan 20 orang mahasiswa, sedangkan mahasiswa lainnya mengikuti melalui aplikasi zoom, pembatasan peserta pembukaan dilakukan untuk pencegahan covid-19 dan kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sambutan yang pertama oleh dosen penanggung jawab mata kuliah agronursing, “Tujuan praktik klinik keperawatan agronursing yaitu memberikan asuhan keperawatan dan mengaplikasikan intervensi sesuai dengan masalah yang ditemukan pada kelompok tani. Semoga kerjasama ini terus berlanjut dalam mengembangkan potensi yang ada di Desa Burno,” jelas bapak Dr. Suhari, A.Per.Pen., M.M.

Selanjutnya Bapak Sutondo selaku kepala desa memberikan sambutan dan membuka acara praktik klinik agronursing “Alhamdulillah Desa Burno masih diperhatikan dengan potensi-potensi yang ada. Saya mengucapkan terimakasih kepada Prodi D3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang yang sudah memberikan edukasi terkait pencegahan covid-19 dan sudah mempunyai program kesehatan khusus kelompok tani di Desa Burno dengan 6 sasaran yaitu kelompok peternak sapi, kelompok peternak kambing, kelompok petani kopi, kelompok petani pisang, kelompok petani salak, dan kelompok petani hutan. Saya siap mendukung dan membuka acara  ini, Bismillahirrahmanirrahim …acara saya buka…” 

Universitas Jember memiliki komitmen kampanye 3M (mengunakan masker dengan benar, menjaga jarak hindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun atau cairan pembersih tangan). Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap program 3M, maka mahasiswa Prodi D3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang memberikan edukasi cuci tangan sekaligus menyediakan tempat cuci tangan yang ditempatkan di pintu masuk Balai Desa Burno agar perangkat desa maupun masyarakat yang akan masuk ke area Balai Desa Burno terbiasa untuk melakukan cuci tangan terlebih dahalu. Upaya ini mendorong perilaku yang diharapkan menjadi sebuah pilihan yang mudah untuk dilakukan.