MEMBANGUN KARAKTER PERAWAT YANG SPIRITUAL

Lumajang– Dalam Kegiatan Semarak Ramadhan 1443 H Fakultas Keperawatan Universitas Jember, Prodi D3 Keperawatan Kampus Lumajang menggelar kegiatan Webinar Nasional Keperawatan secara online melalui Zoom Meeting dan YouTube pada hari Minggu (17/4/22). Webinar Nasional bertajuk semarak Ramadhan dengan tema “Building a Bridge to Spiritual Care”. Kegiatan ini diselenggarakan pada pukul 08.00 WIB, serta dihadiri lebih dari 1300 peserta yang terdiri dari unsur internal dari cavitis akademika Fakultas Keperawatan Universitas Jember dan dari eksternal dari praktisi keperawatan dari seluruh Indonesia.

(Pembukaan oleh Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Jember)

Kedua narasumber yaitu Prof. Dr. H. Nursalam M.Nurs. (Hons) selaku Ketua DPW PPNI Propinsi Jawa Timur dan Anggia Astuti, S.Kp., M.Kep selaku Dosen Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang telah hadir sejak pembukaan. Dekan Fakultas Keperawatan Univeritas Jember yang memberikan sambutan dan membuka acara mengucapkan terimakasih dan bangga atas terselenggarakannya kegiatan Webinar Keperawatan Nasional dalam rangka Semarak Ramadhan Fakultas Keperawatan 1443 H. “Kegiatan webinar ini semoga menjadikan kita perawat yang spiritual dan untuk mahasiswa dapat menjadi pembelajaran untuk membentuk karakter calon perawat yang profesional”, ujar Ns. Lantin Sulistyorini, M.Kes.

Pemaparan materi oleh Prof. Dr. H. Nursalam, M.Nurs (Hons) selaku Ketua DPW PPNI Provinsi Jawa Timur sekaligus Guru Besar di Fakultas Keperawatan Universitas Airlanggan Surabaya dengan tema Membangun Karakter Perawat yang Spiritual yang dipandu oleh moderator Ns.Laili Nur Azizah, M.Kep. Dalam pemaparannya terdapat 10 karakter perawat spiritual yaitu 1) aqidah yang bersih, 2) ibadah yang benar 3) akhlak yang kokok 4) cerdas dalam berfikir 5) kekuatan jasmani 6) mandiri dalam aspek ekonomi 7) teratur dalam segala urusan 8) melawan hawa nafsu 9) pandai menjaga waktu dan 10) bermanfaat bagi orang lain. “Hindari penyakit S-S-I yaitu serakah sombong dan iri hati, serta jadilah perawat yang bermanfaat bagi orang banyak dengan menjalankan peran sebagai pemberi asuhan, komunikator, pendidik, kolaborator, coordinator, advocator, konselor dan peneliti” tegas beliau.

(Penyampaian materi dan tanya jawab oleh Prof. Dr. H. Nursalam, M.Nurs. Hons)

Topik Pemenuhan Kebutuhan Rasa Nyaman dengan Pendekatan Spiritual Care disampaikan oleh Anggia Astuti, S.Kp., M.Kep. selaku Dosen Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas jember Kampus Lumajang. Beliau menjelaskan bahwa Membaca Al-Qur’an dalam keadaan gelombang Alpha akan membuat imunitas tubuh meningkat, pembuluh darah terbuka lebar, detak jantung menjadi stabil, dan kapasitas kepekaan panca indra kita meningkat. Kondisi khusyu’ seperti ini terjadi juga pada saat Ruqiyah dengan Al-Qur’an. “Lakukan Kombinasi stimuli auditori murottal Al-Qur’an dan teknik relaksasi nafas dalam secara terus menerus untuk mendapatkan hasil paling efektif dalam memberikan kenyamanan dan menurunkan kecemasan” imbuh beliau.

(Penyampaian materi oleh Anggia Astuti, S.Kp., M.Kep)

Acara berjalan dengan lancar dan penuh antusias audience di ruang zoom bertahan sampai dengan acara selesai dan banyaknya pertanyaan melalui chat salah satunya, “Apakah kombinasi stimulasi auditorri murrotal Al-Qur’an dan teknik relaksasinapas dalam juga efisien jika dilakukan pada pasien dengan masalah gangguan jiwa?”, tanya Yurike, salah satu mahasiswa yang kemudian disimpulkan oleh Anggia Astuti, S.Kp., M.Kep. bahwa Murrotal Al-Qur’an bisa diberikan kepada siapa saja yang dia yakin akan pertolongan Allah SWT, dan hasil interaksi suara Murrotal Al-qur’an yang diperdengarkan berkali-kali dapat memberikan efek positif pada penderita gangguan jiwa.

(Dokumentasi Kegiatan)

Serangkaian acara berjalan dengan baik dan diakhiri oleh Ibu Etika P., S.Pd selaku pembawa acara kegiatan Webinar Nasional Keperawatan di Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang.

Tags