MEMOTIVASI MAHASISWA MENJADI PENGUSAHA SEJAK MUDA, HIMA PRODI D3 KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS JEMBER KAMPUS LUMAJANG SELENGGARAKAN WEBINAR KEWIRAUSAHAAN.

Hima Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang menyelenggarakan Webinar Kewirausahaan pada Minggu (10/04/2021). Webinar tersebut mengusung tema “Pengembangan Keterampilan Entrepreneur Menuju Generasi Milenial yang Sukses”. Webinar diselenggarakan secara daring melalui aplikasi zoom dan live youtube Hima D3 Keperawatan Unej Lumajang dan dihadiri kurang lebih 300 peserta yang berasal dari mahasiswa Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang, delegasi dari BEM dan BPM Fakultas Keperawatan Universitas Jember serta delegasi dari Hima Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Pasuruan.

Pembina HIMA Program Studi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember, Achlish Abdillah, turut hadir dalam acara webinar ini. Beliau sangat mendukung webinar ini dan berharap dengan adanya webinar ini dapat memotivasi semua peserta khususnya mahasiswa Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang agar memiliki semangat berwirausaha.

“Kegiatan ini hendaknya dapat membangkitkan semangat berwirausaha khususnya pada mahasiswa mileneal yang berpartisipasi pada webinar hari ini. Artinya kita sebagai perawat tidak hanya mencari nafkah bergantung dari ilmu keperawatan saja, namun diupayakan juga memiliki sumber nafkah lain yang berasal dari wirausaha yang rekan-rekan telah kembangkan semenjak kuliah”, jelas Achlish Abdillah.

Narasumber pertama dalam webinar ini adalah Nurul Hayati, merupakan dosen mata kuliah Kewirausahaan sekaligus Koordinator Prodi di Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang menyampaikan materi yang berjudul Berkreativitas Tanpa Batas Menciptakan Pengusaha Muda yang Sukses. Dalam paparan materinya, Nurul menuturkan bahwa untuk memunculkan kreativitas dalam memulai langkah menjadi pengusaha muda yang sukses diperlukan kejelian, keberanian, keyakinan.

“Nah, bagaimana sih caranya menumbuhkan kreativitas dalam memulai usaha?Pertama, saudara harus jeli dalam menangkap peluang ide bisnis di sekitar saudara yang mungkin ditemukan pada saat jalan-jalan, mendengarkan cerita orang lain, mengikuti seminar, wisata dan lain-lain. Kedua, saudara harus berani, berani mencoba melakukan ide usaha tersebut dan berani komitmen, karena tanpa komitmen usaha saudara tidak akan bertahan lama. Ketiga, saudara harus yakin, bahwa usaha yang saudara jalankan akan berhasil dan bertahan”, tuturnya.

Selanjutnya Zainal Abidin selaku narasumber kedua merupakan dosen kewirausahaan di Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang dan owner praktik mandiri keperawatan dan rawat luka di Lumajang menjelaskan mengenai langkah jitu dalam membangun bisnis yang mampu kreatif sehingga mampu berkompetisi di pasar.

“Banyak tips dan trik yang telah diulas oleh pakar dalam membangun bisnis yang kreatif dan kompetitif, namun bagi saya caranya simple saja, lakukanlah sekarang, jangan menunda, dan jangan hanya mengatakan saya ingin berwirausaha. Teruslah berusaha, jangan takut gagal. Ingatlah bahwa kegagalan merupakan awal dari keberhasilan. dan yang terakhir ialah kita harus selalu belajar dan tidak berhenti”, tutur Zainal.

Webinar ditutup dengan pengumuman pemenang lomba video kreatif kewirausahaan. Juara 1 diraih oleh Hamidah Sulistyowati, juara 2 diraih oleh Rika Ayunniawati, dan juara 3 diraih oleh Afiyatul Hasanah. Para pemenang lomba video kreatif kewirausahaan mendapatkan hadiah berupa trofi, piagam penghargaan dan uang pembinaan. Vijay Saxsena selaku ketua HIMA Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya atas antusiasme peserta yang tidak hanya berpartisipasi dalam webinar namun juga berkenan ikut lomba video kreatif kewirausahaan.

“Tidak menyangka bila respon peserta webinar yang mengikuti lomba video kreatif kewirausahaan jumlahnya banyak. Semua video karya konstestan sangat bagus, kelihatan kalo semua kontestan berusaha semaksimal mungkin dalam membuat videonya. Luar biasa buat kalian”, ujurnya. (Red-EUUT).