MENJADIKAN SPIRIT ISRA’ MI’RAJ SEBAGAI MOTIVASI UNTUK BANGKIT DARI PANDEMI COVID-19

Peringatan Isra’ Mi’raj di Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus  Kota Pasuruan kali ini bertemakan “ Menjadikan Spirit Isra’ Mi’raj sebagai Motivasi Untuk Bangkit Dari Pandemi COVID-19”. Acara Isra’ Mi’raj dimulai pukul 09.00 -12.00 WIB secara virtual melalui Zoom. Penceramah dalam acara ini Ns. Nurul Huda, S.Kep., Msi, beliau juga sebagai Koordinator Prodi D3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan dengan pemandu acara Risma Tri Rachmawati.

Acara Isra’ Mi’raj yang diadakan oleh HIMA D3 Keperawatan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan ini merupakan salah satu program  kerja yang dilakukan secara perdana di masa pandemi COVID-19. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang  dapat dijadikan sebagai wadah untuk mahasiswa dalam meningkatkan pengetahuan, wawasan dan silaturahmi mahasiswa di bidang keagamaan selama masa pandemi COVID-19. Isi dari kajian yang disampaikan yaitu tentang Hikmah Puasa Sebagai Physical & Mental Detox. Mental Detox dimulai dengan jangan mendengar apa yang tidak perlu didengar, jangan melihat apa yang tidak perlu dilihat, jangan bicara apa yang tidak perlu dibicarakan. Ada hal yang dikutip dari yang disampaikan penceramah  bahwasannya adalah fisik dan mental kita serasa letih, maksudnya disin adalah banyak zat yang tidak perlu masuk dari makanan, banyak informasi tidak perlu masuk, overthinking = memikirkan apa yang tidak perlu dipikirkan. Istilah mental Detox dimulai dengan Dopamine Detox/ Dopamine Fasting.

Beberapa hal yang telah disampaikan oleh penceramah Ns. Nurul Huda, S.Kep., M., Si , kita bisa menarik kesimpulan bahwa menjadikan spirit motivasi untuk bangkit dari pandemi COVID-19 merupakan kegiatan yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan beramal bersama-sama dengan masyarakat. Motivasi untuk bangkit dari Pandemi COVID-19 dilakukan oleh mahasiswa bukan berarti mahasiswa selalu dituntut untuk berfikir atau lebih berfikir lebih keras saja akan tetapi agar mahasiswa lebih bermotivasi dan bangkit yang terbaik untuk mereka, dan melakukan hal yang terbaik dan dapat menjadikan Spirit Isra’ Mi’raj sebagai motivasi untuk bangkit dari pandemi COVID-19. Sebagai sebuah proses pencarian (research) yang dilakukan bersama sama untuk mencari jalan terbaik dalam penyelesaikan persoalan yang mereka hadapi. Mahasiswa harus mampu mengamalkan hal tersebut dengan berbagai kegiatan yang baik.