PENGABDIAN MASYARAKAT DI KELURAHAN TAPAAN “IMPLEMENTASI PENERAPAN HASIL PENELITIAN KEPADA MASYARAKAT DI LUAR KAMPUS” PASURUAN

Pandemi Covid-19 merupakan permasalahan masyarakat yang berdampak luas meliputi dampak psikologis, sosial ekonomi dan kesehatan. Namun untuk menyelesaikan permasalahan tersebut tidak hanya sekadar peran pemerintah yang dibutuhkan akan tetapi juga membutuhkan peran serta dari dunia pendidikan dalam hal ini yaitu Perguruan Tinggi  untuk membantu masyarakat melalui Pengabdian Masyarakat. Prodi D-3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan telah melakukan Pengabdian Masyarakat dilakukan di Kelurahan Tapaan Kecamatan Bugul Kidul Kota Pasuruan. Pengabdian Masyarakat yang dilakukan mengusung tema “Implementasi Penerapan Hasil Penelitian Kepada Masyarakat Di Luar Kampus”. Hal ini merupakan perwujudan dari IKU 3 yaitu Dosen Bergiatan Di Luar Kampus. Pengabdian Masyarkat yang dilakuakn mengusung topik yang merupakan hilirisasi dari penelitian yang dilakukan oleh masing-masing Kelompok Riset. Pengabdian Masyarakat ini dilakukan di 4 titik di Kelurahan Tapaan Kecamatan Bugul Kidul Kota Pasuruan.

 

  1. Titik 1 RW4

Kegiatan Pengabdian masyarakat yang diadakan di Titik 1 tetap memperhatikan Prokes, dan melakukan pengecekan suhu badan. Lalu memberikan pelayanan kesehatan seperti cek Gula Darah, Kolesterol dan asam urat dari KeRis Taswaras sendiri memberikan materi Latihan Hypnosis Lima Jari dan Pembagian Sembako Kegiatan ini melibatkan mahasiswa semester 3 Kegiatan berjalan dengan lancar, masyarakat sangat senang dan antusias dengan kegiatan ini.

  1. Titik 2 RW4

Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan menyelenggarakan acara Pengabdian Masyarakat dengan tema “ Ayo Budayakan 6M” dan “Perawatan Berkelanjutan (COC Untuk Memenuhi Nutrisi Tinggi Protein Perempuan Masa Child Bearing Daerah Tambak Kota Pasuruan”. Acara ini dipandu oleh mahasiswa universitas jember kampus pasuruan Istivaniyatus Sa’adah serta sedikit pembukaan yang di sampaian dosen Unej Kampus pasuruan Ibu Erik Kusuma S.Kep,. Ns., M.Kep. Kegiatan selanjutnya bakti sosial yang berisikan pengecekan tekanan darah, gula darah, kolesterol dan asam urat.

Setelah kegiatan bakti sosial selesai di lanjut kegiatan inti yaitu penyampaian materi oleh ke 4 narasumber dengan 2 tema, yang pertama mengenai pentingnya penerapan 6M yang disampaikan oleh ibu Erik Kusuma S.Kep,. Ns., M.Kep yang membahas tentang optimalisasi penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada fase new normal melalui literasi media pada masyarakat tambak kota pasuruan dan yang kedua Pentingnya Konsumsi ikan bandeng untuk ibu hamil dan janin yang disampaikan oleh Ns. ratna sari hardiani, S. Kep. M. Kep dan Ns. Ira rahmawati, S. Kep., M.Kep.Sp.Kep. An., yang membahas tentang NUTRISI yang diperlukan oleh ibu adalah nutrisi yang bergizi, terdiri dari karbohidrat, protein, lemak dan zat zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu jenis makanan yang mengandung nutrisi kaya akan gizi adalah Ikan  Bandeng salah satu jenis ikan yang mengandung bahan bahan yang sangat baik kandungan ikan bandeng antara lain : Protein, Omega 3, Minerat , dan VItamin untuk tubuh. Kemudian disusul tanya jawab audiens dan narasumber dan di akhiri demo terkait penerapan 6M. Acara selesai tepat pada pukul 10.00 Wib.

 

  1. Titik 3 RW 3

Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan menyelenggarakan acara Pengabdian Masyarakat dengan tema “Olahan Ikan Untuk Meningkatkan Gizi Anak” dan “Konsumsi Makanan yang Bergizi, Beragam, Seimbang dan Aman Guna Peningkatan Imunitas Anak Dimasa Pandemi”.

Acara ini dipandu oleh mahasiswa universitas jember kampus pasuruan Amitha Cellia Putri Arsinta  serta sedikit pembukaan yang di sampaian dosen Unej Kampus pasuruan Ibu Dwining Handayani, S.Kep. kegiatan selanjutnya bakti sosial yang berisikan pengecekan tekanan darah, gula darah, kolesterol dan asam urat. Setelah kegiatan bakti sosial selesai di lanjut kegiatan inti yaitu penyampaian materi oleh ke 2 narasumber dengan 2 tema, yang pertama memjelaskan tentang Olahan Ikan Untuk Meningkatkan Gizi Anak disampaikan oleh bapak Ekaa Afdi S.Kep. M. Kep, yang  kedua membahas tentang Konsumsi Makanan yang Bergizi, Beragam, Seimbang dan Aman Guna Peningkatan Imunitas Anak Dimasa Pandemi yang disampaikan oleh Ns. Dwining Handayani, S.Kep., M.Kes, yang membahas tentang gizi yang terkandung dalam makanan olahan bagi anak yang mengandung protein, lemak, dan zat zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu jenis makanan yang mengandung nutrisi kaya akan gizi adalah makanan dengan olahan Ikan Bandeng salah satu jenis ikan yang mengandung bahan bahan yang sangat baik kandungan ikan bandeng antara lain : Protein, Omega 3, Minerat , dan VItamin untuk tubuh. Contoh olahannya adalah nugget ikan bandeng dengann kombinasi daun kelor Kemudian disusul tanya jawab audiens dan narasumber dan di akhiri testimoni nuget bandeng kelor yang telah dibuat oleh panita dan tips cara pembuatan. Acara selesai tepat pada pukul 10.00 Wib.

 

  1. Titik 4 RW1

D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan tema “Implementasi Penerapan Iptek Berbasis Hasil Penelitian kepada Masyarakat di Luar Kampus”. 

Kegiatan ini dimulai pukul 09.00-10.30 WIB, yang juga diisi dengan Baksos(Bakti Sosial) seperti pemeriksaan TTV, gula darah, dan asam urat kepada para warga. Kegiatan ini dilaksanakan di 4 titik di Desa Tapaan Pasuruan. Dimana titik 4 berada di RW 1 / RT 2, dengan beberapa materi yang disampaikan oleh pemateri eksternal dan internal. Salah satu materi yang disampaikan adalah “Peningkatan Asupan Protein dalam Peningkatan Imunitas pada Masyarakat Daerah Tambak Kota Pasuruan”.

Beberapa asupan protein yang dapat diolah dengan mudah adalah variasi olahan ikan bandeng yang kaya akan nutrisi guna meningkatkan imun. Selain itu, ikan bandeng juga termasuk ikan yang mudah didapatkan, mengingat daerah tersebut adalah kawasan tambak di Kota Pasuruan.