PENGUATAN AGRONURSING DI WILAYAH MARITIM DAN AGROINDUSTRI MELALUI WEBINAR TERAPI KOMPLEMENTER SEBAGAI INTERVENSI ASUHAN KEPERAWATAN.

Pendidikan vokasi keperawatan merupakan salah satu bentuk pendidikan untuk menghasilkan tenaga perawat yang terampil dalam memberikan asuhan keperawatan pada individu maupun keluarga, dalam upaya integral pencapaian derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik. Untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang berkualitas, maka penting bagi setiap pendidikan tinggi keperawatan untuk melakukan proses penyelenggaraan yang berkualitas dalam rangka peningkatan kemampuan kognitif, afektif maupun psikomotor yang sesuai dengan standar profesi keperawatan. Salah satu bentuk peningkatan mutu intervensi keperawatan adalah dengan memperkaya intervensi keperawatan dengan terapi komplementer.

Prodi D-3 Keperawatan kampus Kota Pasuruan merupakan salah satu pendidikan vokasi dibawah naungan Universitas Jember yang berlokasi di Kota Pasuruan, dimana Kota Pasuruan terletak di wilayah pesisir utara pulau Jawa yang masyarakatnya mayoritas bekerja sebagai petani tambak, nelayan dan industri furniture. Berdasarkan data yang diperoleh dari survei work-related disease menunjukan bahwa dari perkiraan 43.000 pekerjaan disektor pertanian terjadi gangguan ergonomis dengan rincian kasus nyeri punggung pada 27.000 pekerja, keluhan di leher pada 10.000 pekerja dan keluhan pada ekstremitas pada 11.000 pekerja. Petani lebih mudah terkena keluhan nyeri punggung daripada pekerja di sektor yang lain. Disatu sisi, pekerja di sektor pertanian menjadi salah satu kelompok dengan pendapatan bulanan di bawah rata-rata upah nasional. Sehingga faktor ekonomi menjadi salah satu penentu dalam memilih layanan kesehatan. Layanan kesehatan yang banyak dipilih oleh para petani adalah layanan kesehatan komplementer karena dianggap lebih terjangkau dan diyakini oleh masyarakat memiliki efek samping lebih sedikit dibandingkan dengan terapi medis.

Intervensi asuhan keperawatan dengan terapi komplementer sebagai salah satu langkah strategis untuk meningkatkan ketersediaan tenaga perawat berkualitas dan memiliki kompetensi yang relevan untuk menjalankan sistem pelayanan keperawatan. Peningkatan mutu intervensi keperawatan membutuhkan kontribusi ahli terapi komplementer yang kompeten dan berdedikasi. Salah satu upaya untuk menambah wawasan pada asuhan keperawatan tersebut, maka diadakan sebuah kegiatan webinar dengan tema “Penguatan Agronursing Di Wilayah Maritim Dan Agroindustri Melalui Webinar Terapi Komplementer Sebagai Intervensi Asuhan Keperawatan” dengan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam terapi komplementer.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 26 Agustus 2021 pada pukul 08.30 – 15.30 WIB di Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Adi Wibowo, S.T.P., M.Si (Wakil Walikota Pasuruan), DR. Grido Handoko Sriyono,S.Kep.Ns.,MM.Kes (Pengurus Pusat HPHI) dan Ns. Nurul Huda, S.Psi., S.Kep. M.Si (Koordinator Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan sekaligus praktisi di bidang keperawatan komplementer). Kegiatan ini diikuti oleh 300 peserta yang hadir melalui platform zoom meeting. Seluruh peserta sangat antusias dan memberikan respon yang baik terhadap jalannya kegiatan dengan memberikan pertanyaan yang berbobot kepada narasumber dan menyelesaikan tugas dengan baik.

Melalui kegiatan ini diharapkan kedepannya mampu menguatkan wawasan civitas akademika tentang agronursing di wilayah maritim dan agroindustri, mengembangkan keterampilan terapi komplementer bagi mahasiswa dan insan keperawatan dalam mengembangkan intervensi asuhan keperawatan serta diharapkan mampu memberikan kontribusi pada  Fakultas Keperawatan Universitas Jember sebagai salah satu kegiatan Tridharma perguruan tinggi.