Peningkatan Kualitas Pengembangan Bisnis Ventura Melalui Workshop Persiapan Pendirian Klinik Pratama Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan

Dalam rangka ikut serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah Kota Pasuruan dan sekitarnya, Universitas Jember mendirikan sarana pelayanan kesehatan berupa Klinik Pratama sebagai pelaksana pelayanan kesehatan tahap pertama yang akan dimanfaatkan sebagai penyedia dan penyelenggara pelayanan kesehatan primer. Selain sebagai penyelenggara pelayanan kesehatan primer dan berfungsi sebagai wahana belajar mengajar bagi mahasiswa jurusan kesehatan di lingkungan Universitas Jember, klinik ini juga sebagai pendorong kemandirian masyarakat di bidang kesehatan. Guna memahami proses pendirian klinik dan cara pembuatan rencana strategis untuk pendirian klinik, maka Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan UNEJ Kampus Kota Pasuruan mengadakan workshop persiapan pendirian klinik pratama.

Kegiatan Peningkatan Kualitas Pengembangan Bisnis Ventura Melalui Workshop Persiapan Pendirian Klinik Pratama Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan dilaksanakan pada tanggal 16-17 Februari 2021 di Hotel Horison Pasuruan. Acara dibuka oleh Dr. drg. Sri Hernawati, M.Kes selaku Wakil Rektor II UNEJ dan Ns. Lantin Sulistyorini, S.Kep., M.Kes selaku Dekan Fakultas Keperawatan UNEJ. Wakil Rektor II UNEJ menyambut baik gagasan untuk mendirikan klinik selain sebagai media nyata pembelajaran mahasiswa dan memenuhi kebutuhan masyarakat melalui pelayanan kesehatan, juga memiliki keuntungan dari segi bisnis. Sebagai narasumber dalam kegiatan workshop ini adalah Gustap Purwoko, ST, MT dari Dinas PUPR Kota Pasuruan dan dr. Shierly Marlena dari Dinas Kesehatan Kota Pasuruan.

Fasilitator dalam kegiatan ini adalah Dr. drg. Sri Hernawati, M.Kes (Wakil Rektor II UNEJ) dan Prof.Drs. Bambang Kuswandi, M.Sc., Ph.D (Wakil Rektor III UNEJ). Kegiatan workshop ini dihadiri oleh tenaga dosen dan tenaga kependidikan dari Fakultas Keperawatan, alumni serta stakeholders wilayah Kota dan Kabupaten Pasuruan, Dinas Kesehatan Kota Pasuruan, dan juga Dinas Lingkungan Hidup Kota Pasuruan.

Dari kegiatan workshop yang sudah dilakukan, semua stakeholder menyambut baik pendirian klinik pratama, pemahaman peserta terkait dengan bagaimana prosedur dan langkah-langkah yang benar dalam mendirikan klinik juga semakin meningkat. Selain itu, setelah dilakukan kegiatan workshop ini akan segera dibentuk tim task force dalam mempersiapkan pendirian klinik agar proses pendirian klinik dapat segera terealisasi.

Tags