Rangkaian Kerja Monitoring SPI Universitas Jember

Rabu (11/11) bertempat di Ruang Rapat Universitas Jember Kampus Lumajang menerima kunjungan dari Satuan Pengawas Internal (SPI) Universitas Jember untuk yang kedua kalinya di tahun 2020 yang berlangsung selama 2 hari  pada tanggal 11-12 November 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh 7 orang dari Tim SPI Universitas Jember yang dipimpin langsung  oleh Prof. Zarah Puspitaningtyas selaku ketua SPI Unej.

Koordinator prodi Kampus Lumajang menyampaikan “Selamat datang kepada Tim SPI Unej di Kampus Lumajang,  Nurul  mempersilahkan  tim SPI untuk memotret  kampus lumajang untuk selanjutnya dianalisis mana yang sehat (akan kami pertahankan)  dan mana yang sakit agar nanti bisa diobati (diperbaiki) sesuai rekomendasi  SPI  terkait kepatuhan pengelolaan keuangan sesuai  SBU tahun 2020 dan peraturan perundangan yang berlaku. 

Ketua SPI, Prof. Dr. Zarah Puspitaningtyas, S.Sos, SE, M.Si sangat mengapresiasi atas penyambutan tim Unej Kampus Lumajang yang sangat luar biasa, beliau menyampaikan bahwa untuk yang kedua kalinya kami tim SPI hadir dilumajang  untuk memotret  lakukan monitoring pengelolaan keuangan semua sumber dana tahun 2019 dan  pengelolaan Barang Milik Negara (BMN)  dilingkungan Unej maka untuk menilai  validitas dan akuntabilitas serta memperlancar kegiatan monitoring sebelum saya hadir kekampus Lumajang saya sudah menginformasikan secara tertulis agar disiapkan : 1). Laporan pertanggungjawaban keuangan  berupa bukti kuitansi ( SPJ), 2).  Surat Setoran Pajak (SSP), 3). Laporan kegiatan yang menyertai, 4) Penggunaan asset perolehan tahun 2019,  tandas ketua  SPI yang sangat enerjik

Kegiatan kunjungan hari pertama, Tim SPI  melakukan pemeriksaan dokumen keuangan dan dokumen BMN yang dilanjutkan dengan klarifikasi serta melihat secara langsung keberadaan BMN dan kebergunaannya di  Kampus Lumajang. Sedangkan, kunjungan hari kedua,  melakukan evaluasi dokumen  sekaligus klarifikasi meminta tanggapan auditi , dan dilanjutkan dengan menandatangani berita acara oleh kedua belah pihak.

Dalam kegiatan ini Kampus Lumajang  mendapatkan banyak informasi yang dapat membantu dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan dan tata laksana pengelolaan sumber dana dan BMN yang mengacu pada PMK No. 32/PMK.02/2018, PMK No. 113/PMK.05/2012, SBU tahun 2019, UU No 36 tahun 2008 dan UU RI. No.42 tahun 2009.

Ketua SPI Universitas Jember menyampaikan “Hasil monitoring evaluasi keuangan dan BMN di Kampus Lumajang dan  beberapa rekomendasi yang disampaikan oleh SPI semoga bisa dilaksanakan, sehingga tahun-tahun yang akan datang tata kelolanya menjadi semakin baik dan semakin patuh” Ungkap Prof. Zarah Puspitaningtyas.

Di akhir kegiatan Nurul Hayati berterima kasih kepada Tim SPI Universitas Jember yang telah memberikan saran, masukan, serta bimbingan untuk meningkatkan pelaksanaan dan pengelolaan sumber dana dan BMN di Kampus Lumajang.