Siap menggapai asa, Pembinaan Etika Profesi usung tema “Aku Bukan lulusan perawat biasa”

Rabu-Kamis (13-14 Oktober 2021) , Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang secara online menyelenggarakan Pembinaan Etika Profesi dan pengembangan karir lulusan dengan tema “Aku Bukan Lulusan Perawat biasa”. Kegiatan ini diberikan kepada 35 mahasiswa Ahli Madya Keperawatan yang baru lulus di tahun 2021. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang bertujuan untuk menyiapkan lulusan yang unggul, siap bekerja dan siap menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam meraih peluang kerja. Dalam kegiatan ini, peserta dibekali dengan berbagai materi yang sangat bermanfaat dalam persiapan menghadapi dunia kerja. Materi yang diberikan antara lain tentang budaya kerja di institusi pengguna jasa perawat dan pengaruhnya terhadap profesionalisme kerja, model sistem rekruitmen tenaga perawat, nilai-nilai etik dalam kedidupan profesi keperawatan,  tips untuk menjadi perawat dan pengusaha, tugas dan tanggungjawab Alumni kepada almamater, strategi menyusun surat lamaran kerja dan curriculum vitae, strategi interview hingga cara berpenampilan yang menarik saat mempersiapkan diri dalam bekerja.

Kegiatan Pembinaan Etika Profesi  dibuka oleh Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Jember, Ns. Lantin Sulistyorini, S.Kep., M.Kes. “Kegiatan Pembinaan Etika Profesi ini tema yang diangkat adalah” Aku Bukan Lulusan Perawat Biasa” merupakan tema yang sangat menarik  dan diharapkan menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi alumni dalam menghadapi dunia kerja serta mencetak lulusan bukan perawat biasa yang dapat diartikan menjadi lulusan perawat yang luar biasa, luar biasa dalam hal ini harus seimbang antara afektif, skill, dan psikomotor serta mempunyai keahlian lain ”tutur beliau.

Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah pakar yang ahli dan kompeten di bidang masing-masing, antara lain Kepala Bidang Keperawatan RS. Djatiroto Lumajang (Supiyan, S.Kep.,Ners), Organisasi Profesi (Ketua DPD PPNI Kabupaten Lumajang, Dr. Suhari, A.Per.Pen, MM), Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Jember (Murtaqib, S.Kp, M.Kep), Ketua Ikatan Keluaga Alumni (IKA) Fakultas Keperawatan Universitas Jember (Rismawan Adi Yunanto, S.Kep.,Ners, M.Kep), dan Dosen Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang antara lain Eko Prasetya W., S.Kep.,Ners, M.Kep, Anggia Astuti, S.Kp, M.Kep, dan Primasari Mahardhika R., S.Kep.,Ners, M.Kep.

Peserta tampak aktif dan antusias selama mengikuti kegiatan ini. Para peserta juga diminta untuk berpartisipasi untuk mempraktikkan secara langsung meliputi cara menjawab pertanyaan interview, penyusunan dan pemilihan kata, body language, cara berpenampilan hingga menyiapkan dokumen yang harus dilengkapi dalam melamar pekerjaan, selain itu peserta juga dibekali tentang menjadi perawat sekaligus menjadi pengusaha yang profesional. Sebagai alumni yang berbakti kepada almamater juga menjadi pembahasan materi yang sangat menarik dan menjadi bekal informasi dalam menjalankan peran dan tanggungjawab menjaga nama baik almamater

Pesan dan kesan dari Alumni menutup rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini. “Saya sangat berterimakasih dan senang sekali dengan kegiatan Pembinaan Etika Profesi dengan tema “Aku Bukan Lulusan Perawat Biasa” karena banyak sekali ilmu yang saya peroleh sebagai persiapan menghadapi dunia kerja, selain itu kita juga dibekali ilmu menjadi perawat sekaligus pengusaha yang profesional, inilah keunggulan lulusan Unej Kampus Lumajang dibanding lulusan lainnya. Saya merasa bangga menjadi bagian dari alumni dari Unej Kampus Lumajang dan kita tidak salah memilih kampus yang terus membekali ilmu-ilmu yang bermanfaat, semoga tetap menjadi kampus pilihan terbaik yang selalu memberikan excellent service”  tutur Dessy, salah satu peserta pembinaaan etika profesi yang merupakan mahasiswa lulusan terbaik tahun 2021.(EUUT).