Tingkatkan Kemampuan Desain Grafis Mahasiswa, Hima Selenggarakan Les Corel Draw Dan Adobe Photoshop

Lumajang – Himpunan Mahasiswa (HIMA) Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang menyelenggarakan Les Corel Draw dan Adobe Photoshop pada Minggu (27 Juni 2021). Kegiatan tersebut diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom maupun live streaming Youtube HIMA Prodi D3 Keperawatan Unej Lumajang, dengan mengusung tema “Peningkatan Keterampilan Desain Grafis”. Alokasi waktu yang diperkirakan dari pukul 09.00 – 12.00 WIB, dan kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan I Fakultas Keperawatan Universitas Jember, Koordinator Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang, Pembina HIMA, Narasumber, Panitia Kegiatan, serta peserta kegiatan sejumlah 45 peserta dari mahasiswa tingkat 1 dan tingkat 2.

Kegiatan Les Corel Draw dan Adobe Photoshop diawali dengan sambutan Wakil Dekan I Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Beliau sangat mendukung adanya penyelenggaraan Kegiatan Les Corel Draw dan Adobe Photoshop oleh HIMA Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang. “Corel Draw dan Adobe Photoshop” menurut saya menjadi kompetensi tambahan yang seharusnya bisa dikuasai setiap mahasiswa. Sehingga bila HIMA Kampus Lumajang memfasilitasi pelatihan Corel Draw dan Adobe Photoshop secara gratis dengan pemateri kompeten, ini menjadi hal yang patut diapresiasi. Sehingga seluruh peserta harus terus semangat ikut pelatihan ini hingga selesai.” Ujar Ns. Anisah Ardiana, M.Kep., Ph.D. Beliau juga menegaskan dalam sambutannya agar peserta harus semangat dalam mengejar prestasi dalam bidang desain grafis. “Saya berharap peserta pelatihan tidak hanya ikut pelatihan saja, tetapi mereka juga harus aktif mengikuti lomba desain grafis tingkat nasional agar mereka berprestasi. Selain mengikuti, mungkin juga bisa mengadakan event lomba tingkat nasional sendiri, siapa tahu bisa meraih gelar juara ketika menjadi tuan rumah.” ujar doktor yang akrab disapa Bu Anis tersebut.

Sementara itu, Vijay Saxsena, Ketua HIMA Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas partisipasi aktif peserta Les Corel Draw dan Adobe Photoshop. “Di tengah kesibukan kegiatan praktik klinik keperawatan mahasiswa semester 2 dan 4, ternyata teman-teman masih menyempatkan ikut hadir dalam kegiatan Les Corel Draw dan Adobe Photoshop hari ini. Teman-teman sangat komit dan saya sangat apresiasi itu. Semoga motivasi ini bisa bertahan hingga akhir penyelenggaraan Les Corel Draw dan Adobe Photoshop.” Ujar alumnus SMK Muhammadiyah Lumajang.

Les Corel Draw dan Adobe Photoshop diselenggarakan dalam 6 kali tatap muka. Tatap muka pertama diawali dengan penyampaian materi: Teknik Memanipulasi Background Foto dengan Adobe Photoshop yang disampaikan oleh Dondik Robini, S. Ds, praktisi desain grafis di Kabupaten Lumajang. Penyampaian materi berlangsung selama 90 Menit. Materi disampaikan melalui pendemontrasian langsung sehingga membuat audiens lebih paham dan bisa langsung mempraktekkannya, setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 30 menit, tampak dari pertanyaan yang beragam membutikkan bahwa audiens sangat antusias terhadap kegiatan hari ini

Serangkaian acara sudah terlewati kemudian dilanjutkan menuju penutupan tidak lupa pemateri memberikan tugas terkait materi yang sebelumnya dipaparkan sebagai bahan pacuan agar mahasiswa dapat berkembang untuk meningkatkan pemahaman tentang materi “ Mengganti Background Melalui Adobe Photoshop”.