BERSATU UNTUK INDONESIA BERSIH

Lumajang – Jum’at (24/09) Perwakilan Mahasiswa dan Dosen Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Lumajang turut terjun langsung dalam rangka puncak acara WCDI (Word Clean Up Day Indonesia)  Kabupaten Lumajang di Pantai Wotgalih Yosowilangon. Kegiatan ini merupakan bersih-bersih serentak, yang rutinitas diselengarakan setiap tahunnya di daerah Indoneisa, termasuk Kabupaten Lumajang. Tujuan acara ini sebagai bentuk gerakan kepedulian terhadap permasalahan sampah.

Mengusung tema “Bersatu untuk Indonesia Bersih” kegiatan ini semarak dihadiri sekitar 25 komunitas yang terlibat peduli lingkungan diwilayah Kabupaten Lumajang. Dengan beragamnya peserta yang hadir, mulai dari belia sampai lanjut usia dan termasuk penyandang disabilitas membuat suasana terasa terciptanya sila ketiga Pancasila.

Bapak Lestari selaku Kepala Desa Wotgalih mensupport dan menyambut baik serangkain kagiatan ini.  “Saya berterimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini di pantai wotgalih, karena selama dampak pandemi Covid-19 Wotgalih menjadi vakum, namun sampah disekitar ini bertambah”, ujarnya.

Foto Serangkain Kegiatan Pengmas di pantai Wotgalih Lumajang

Terdapat tiga kegiatan utama yang dilaksanakan pada acara ini. Pertama pembukaan langsung oleh Kepala Desa Wotgalih, dilanjut pengumutan sampah yang dibagi 3 titik lokasi tertentu, dan terakhir yaitu penutupan. Start pukul 07.00 WIB acara ini berjalan hingga selesai.

Generasi Pecinta Alam Sahabat Mahasiswa atau yang lebih umum dikenal dengan GENPLASMA, ikut hadir membantu dalam  kegiatan ini. Didampingi langsung oleh Ns R. Endro Sulistyono S.Kep., M.Kep atau yang lebih akrab disapa Bapak Endro.