WEBINAR HIMA AGRONURSING Seri #2 “Strategi Mengoptimalkan Pemahaman Akademik Mahasiswa Dengan Study From Home Menuju Normal Baru”

Strategi Mengoptimalkan Pemahaman Akademik Mahasiswa Dengan Study From Home Menuju Normal Baru

Selasa, 05 September 2020

Ahda Khoirotun Naafi’a, Ramadhan Hasan Fahrezi, Ria Lasmita Dewi Irma

(Panitia Webinar Agronursing D3 Keperawatan UNEJ Kampus Kota Pasuruan Series #3)

Pasuruan – Sabtu (05/09), D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan kembali menyelenggarakan Webinar Agronursing Series yang ke-4dengan mengangkat tema mengenai “Strategi Mengoptimalkan Pemahaman Akademik Mahasiswa Dengan Study From Home Menuju Normal Baru”. Webinar dimulai dari pukul 09.00-11.30 WIB. Webinar ini disiarkan langsung melalui aplikasi Zoom dan live streaming YotubeHima D3 Keperawatan UNEJ Pasuruan. Pemateri pertama dari webinar ini yaitu Bagus Dwi Cahyono, SST.,M.Kes.yang merupakan dosen D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan. Pemateri kedua yaitu Bapak Dr. Ahsan, S.Kep.,M.Kes.yang merupakan Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Moderator dari webinar kali ini yaitu Wiwid Novitasari yang merupakan mahasiswi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas JemberKampus Kota Pasuruan.

Materi pertama dibuka oleh Bapak Bagus Dwi Cahyono, SST.,M.Kes yang merupakan Dosen Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan. Kali ini pemateri menyampaikan topik mengenai“ Strategi Mengoptimalkan Pemahaman Akademik Mahasiswa Dengan Study From Home Menuju Normal Baru”. Dalam topik yang dibawakan, pemateri menyampaikan mengenai persepsi mahasiswa terhadap daring dan permasalahan yang dikeluhkan mahasiswa terhadap daring. Dari 2 hal tersebut, memudahkan dosen untuk menyusun strategi mengoptimalkan pemahaman akademik mahasiswa dengan study from home menuju normal baru. Garis besar dari keluhan mahasiswa yaitu sulitnya memahami materi dikarenakan kendala internet hingga ketidaksesuaian jadwal praktek yang kemudian diganti menjadi materi.

 

Materi kedua yang merupakan materi terakhir ini disampaikan oleh Dr. Ahsan, S.Kep.,M.Kes. Dari topik yang beliau ambil, menjelaskan tentang cara menciptakan SDM unggul dalam masa pandemi dimulai dari hal paling awal yaitu tingkatan guru yang dapat diandalkan dalam melakukan pembelajaran daring dalam masa pandemic COVID-19 ini. Guru/dosen yang dapat diandalkan kurang lebih kelahiran di atas 1981 yang merupakan tergolong generasi millennial saat ini. Selain itu, pentingnya kecukupan ekonomi dan dorongan orang tua sangatlah penting dalam pembentukan SDM unggul pada masa pandemi COVID-19.

 

 

Adapun kesimpulan dari webinar series 4 ini yaitu baik guru ataupun murid, semuanya berperan penting dalam menciptakan pendidikan yang optimal di masa pandemi COVID-19 ini. Mulai dari guru yang harus berusaha menjelaskan materi sesuai jadwal dan murid yang harus rajin belajar.