WORKSHOP Pengelolaan Kualitas mutu Soal Berbasis Uji Kompetensi Nasional

 

Pasuruan, pada tanggal 04 s.d 05 November 2020 telah diselenggarakan kegiatan Workshop Pengelolaan Kualitas Mutu Soal Berbasis Uji Kompetensi Nasional oleh Prodi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan melalui ruang meeting zoom mulai pukul 08.00 – 13.30 WIB.  Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan I, Ibu Ns. Anisah Ardiana, M.Kep. Ph.D. Antusiasme dari peserta workshop cukup tinggi dan berasal dari seluruh Indonesia yang berjumlah 170 peserta, yang terdiri dari berbagai kalangan masyarakat umum, mahasiswa, kalangan praktisi dan akademisi.

Narasumber yang dihadirkan adalah Dr. Ns.Kumboyono. S.Kep.,M.Kep, Sp.Kom. Pada hari pertama Dr. Ns. Kumboyono., S.Kep.,M.Kep, Sp.Kom memaparkan sejumlah materi seperti Item Development soal Uji kompetensi, lalu Teknik Review soal uji kompetensi, dan pada akhirnya melakukan kegiatan Review soal uji kompetensi yang telah dikerjakan oleh peserta workshop.

Lalu untuk hari ke-2. Abdul Ghofar, S.Kep.,M .Pd dari Asosiasi Institusi Pendidikan Vokasi Keperawatan Indonesia (AIPViKI) yang dipandu oleh moderator yakni Ns. Mukhammad Toha, M.Kep memetakan pola vignette soal dan blueprint soal uji kompetensi. Selanjutnya melakukan pengolahan soal Uji Kompetensi SIPENA, kemudian diakhiri dengan telaah soal uji kompetensi menggunakan aplikasi SIPENA.

 

Aplikasi SIPENA dapat didownload pada link berikut: https://drive.google.com/file/d/1QvAEhRM_spXIbCJCkHBdmF7VTDwrWgD2/view?usp=sharing