Agriani Rida Ananda, Persembahkan Predikat Terbaik Bagi Orangtua

Penyematan gelar ahli madya terbaik Kampus Lumajang secara simbolis oleh Dekan Fakultas Keperawatan pada prosesi yudisium periode III tahun akademik 2022/2023 secara daring.
Penyematan gelar ahli madya terbaik Kampus Lumajang secara simbolis oleh Dekan Fakultas Keperawatan pada prosesi yudisium periode III tahun akademik 2022/2023 secara daring.

Lumajang, 14 September 2022

Agriani Rida Ananda, lulusan Program Studi Diploma 3 Keperawatan Fakultas Keperawatan (FKep) Universitas Jember kampus Lumajang terpilih sebagai lulusan terbaik (cumlaude) di jenjang ahli madya. Rida, begitu sapaan akrabnya, berhasil lulus dengan IPK 3,94. Namun siapa sangka jika awalnya Rida sempat ingin mencoba kuliah di bidang lain. Acara yudisium periode III tahun akademik 2022/2023 yang dihadiri seluruh pimpinan di FKep termasuk pimpinan kampus Lumajang dan Pasuruan ini digelar secara daring.

“Awalnya saya sempat berniat meneruskan kuliah di jurusan lain saja bukan di Program Studi Diploma tiga Keperawatan. Namun bapak dan ibu menyarankan saya menekuninya. Menurut mereka, sayang jika bekal ilmu yang sudah saya dapatkan saat sekolah di SMK Keperawatan tidak dilanjutkan. Akhirnya dengan bismillah saya daftar di Universitas Jember kampus Lumajang. Toh saya yakin saran dan nasehat orang tua itu juga doa. Dan alhamdulillah saya bisa menjalani perkuliahan dengan baik bahkan mendapatkan IPK tertinggi. Semua berkat dukungan dan doa orang tua,” ungkap Rida dengan perasaan haru campur bangga saat ditemui seusai mengikuti yudisium (12/9).

Tetapi kuliah jauh dari keluarga bukannya tanpa tantangan, pasalnya banyak proses berliku yang dilalui oleh Rida hingga berhasil di posisi saat ini. “Saya asli dari Jember jadi nge-kost selama di Lumajang. Di awal-awal kuliah yang rasanya kangen rumah itu luar biasa, namun lama kelamaan jadi terbiasa dan bisa menikmati tinggal di Lumajang. Apalagi kawan-kawan se-Kost semuanya baik dan saling mendukung. Inilah salah satu keuntungan kuliah sambil nge-kost, kita dilatih untuk mandiri di semua hal,” imbuh gadis berjilbab ini.

Seiring berjalannya waktu, Rida menemukan keasyikan menekuni ilmu keperawatan, bahkan rasa bangga menjadi perawat makin besar. “Awalnya agak susah bagi saya untuk beradaptasi, karena mungkin saya masih belum menemukan minat saya di dunia kesehatan. Tapi lambat laun saya mulai bisa beradaptasi sampai akhirnya bisa benar-benar mantap menjadikan profesi perawat sebagai tujuan hidup,” imbuh Rida yang tak menyangka jika bakal jadi yang terbaik di jenjang diploma.

Rida merasa tidak ada yang istimewa dari cara belajarnya. Namun yang pasti Rida tak pernah memakai sistem kebut semalam atau SKS kala belajar. Rida lebih banyak mereview materi yang sudah diajarkan oleh para dosen. “Dan satu lagi yang penting harus fokus saat bapak dan ibu dosen menyampaikan materi perkuliahan, dan gunakan kesempatan bertanya apabila ada sesuatu yang masih kurang dipahami. Serta harus pandai-pandai mengatur waktu alias mempraktekkan manajemen waktu,” ujar Rida menceritakan resepnya belajar.

Foto bersama perwakilan yudisi dengan predikat cumlaude beserta jajaran pimpinan fakultas keperawatan
Foto bersama perwakilan yudisi dengan predikat cumlaude beserta jajaran pimpinan fakultas keperawatan

Predikat lulus dengan IPK tertinggi atau cumlaude dipersembahkan oleh Rida bagi kedua orangtuanya tercinta. Karena selain selalu mendukung langkahnya selama kuliah, kini kedua orangtuanya juga mendorong Rida melanjutkan studi ke jenjang S1 Keperawatan. Rida pun setuju dengan anjuran orang tuanya untuk kembali menuntut ilmu dibandingkan mencari kerja. “Alhamdulillah orang tua menghendaki untuk lanjut ke jenjang sarjana, jadi saya akan memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik mungkin. Rencana saya kuliah lagi di FKep Universitas Jember. Sebab saya yakin FKep Universitas Jember layak menjadi rujukan pertama tempat menimba ilmu bagi calon-calon perawat,” pungkasnya. (risma/iim)

Agriani Rida Ananda, lulusan terbaik 
 pada Program Studi Diploma 3 Keperawatan Fakultas Keperawatan (FKep) Universitas Jember kampus Lumajang berswa foto bersama Ibu Kaprodi. D3 Keperawatan Kampus Lumajang
Agriani Rida Ananda, lulusan terbaik pada Program Studi Diploma 3 Keperawatan Fakultas Keperawatan (FKep) Universitas Jember kampus Lumajang berswa foto bersama Ibu Kaprodi. D3 Keperawatan Kampus Lumajang