News

Pengabdian Masyarakat UNEJ Kampus Pasuruan di Desa Wonokitri, Bromo

Pada tanggal 13 Mei 2023, sederet civitas akademik Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan telah melakukan pengabdian masyarkat yang dilakukan di Desa Wonokriti, Tosari, Pasuruan. Pengabdian masyarakat tersebut dilaksanakan dalam rangka “Peningkatan Rekognisi Luaran Penelitian Melalui Promosi Kesehatan Berbasis Kerjasama Internasional Pada Kawasan Masyarakat Agricultural Tengger di Desa Wonokitri Kabupaten Pasuruan”. Pelaksanaan pengabdian masyarakat tersebut dilakukan di Desa Wonokitri mengingat desa tersebut memiliki nuansa angricultural yang kental. Mayoritas pekerjaan penduduk Desa Wonokitri adalah seorang petani, terutama perkebunan. Selain itu, pariwisata juga menjadi destinasi utama desa tersebut.

Pengabdian masyarakat kali ini dibuka di Pendopo Desa Wonokitri. Dihadiri oleh kepala desa Wonokitri, Kaprodi Prodi DIII Keperawatan Kampus Kota Pasuruan dan Penjaga Pustu (Puskesmas Pembantu) desa Wonokitri serta civitas akademik Universitas Jember. Kampus Pasuruan kali ini berkolaborasi dengan Kampus Lumajang dan kampus pusat. Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan pergi ke titik-titik yang telah direncanakan sebelumnya. Teradapat lima titik yang ada, dengan bidang promosi kesehatan yang berbeda tiap titiknya. Misalnya pada titik lima yang membahas tiga topik, yang pertama yaitu “Upaya Mengurangi Kecanduan Gadget Bagi Anak dan Remaja Melalui Psikoedukasi Keluarga di Wilayah Pegunungan”, yang kedua “Manajemen Residu Pestisida pada Tanaman Sayur dan Buah sebagai Upaya Menjaga Kesehatan Masyarakat Tengger” dan ketiga “Peningkatan Kesadaran Petani Sayur dan Buah di Tengger dalam Mencegah Cedera Akibat Pekerjaan”. Proses promkes berjalan dengan lancar dan masyarakat sangat antusias terkait topik yang dijelaskan. Selain promosi kesehatan, dilakukan juga pengecekan status kesehatan masyarakat.

Penutupan dilakukan kembali di pendopo, dihadiri oleh dekan fakultas keperawatan UNEJ dan pembicara dari Australia dari acara yang dilaksanakan kemarin yaitu “Self Care Approaches to Chronic Disease Management”. Penutupan dilakukan dengan memberikan kesan dan pesan terhadap guest lecture dari Australia dari dosen fakultas keperawatan dan mahasiswa fakultas keperawatan.