Latar Belakang
Berbagai perubahan terjadi sangat cepat dan memberikan tantangan dalam dunia Pendidikan. Hadirnya covid-19 dan menjadi pandemik di seluruh dunia, sangat mempengaruhi dunia Pendidikan dan memaksa untuk melakukan perubahan dan inovasi Pendidikan dengan pemanfaatan teknologi. Percepatan pemanfaatan teknologi digital adalah dampak positif dari covid-19. Hal ini dapat menjadi sarana dalam menjawab tantangan pengembangan kurikulum di era revolusi industry 4.0, dimana Perguruan Tinggi harus mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia yang berakhlak mulia berdasarkan pemahaman keyakinan agama. Perguruan tinggi perlu melakukan reorganisasi pengembangan kurikulum yang mampu menjawab tantangan tersebut.
Revitalisasi kurikulum Pendidikan Diploma 3 Keperawatan diharapkan mampu memfasilitasi mahasiswa belajar menjadi manusia paripurna, yakni manusia yang bebas, bertanggung jawab, percaya diri,bermoral dan berakhlak mulia, mampu berkolaborasi, toleran, serta menjadi manusia yang terdidik penuh determinasi kontribusi untuk ketercapaian cita-cita bangsa sesuai yang termaktub dalam UUD 1945. Pengembangan kurikulum ini mendukung tujuan pembangunan Indonesia, yaitu membentuk sumber daya manusia yang sehat, cerdas, adaptif, inovatif, terampil, dan berkarakter sehingga lulusannya dapat menjawab potensi dan kebutuhan pasar kerja.
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai yujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan tinggi (Permendikbud No.3tahun 2020tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi). Kurikulum Pendidikan Tinggi merupakan program untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi sesuai dengan level yang disepakati dalam KKNI. Pendidikan Diploma 3 Keperawatan adalah Pendidikan vokasi keperawatan yang menghasilkan lulusan perawat vokasional, memiliki pengetahuan, sikap, dan ketrampilan dalam bidang keperawatan yang diperoleh melalui berbagai bentuk pengalaman belajar, meliputi pengalaman belajar di kelas, laboratorium, klinik dan lapangan, serta dilengkapi dengan sarana dan prasarana pembelajaran yang sesuai dengan standar. Penataan situasi dan kondisi belajar dilakukan dengan berbagai pendekatan oleh setiap institusi penyelenggara Pendidikan tinggi vokasi keperawatan dalam mencapai penguasaan ilmu dan kiat keperawatan, menumbuhkan sikap, pengetahuan dan kemampuan untuk melaksanakan asuhan keperawatan professional bagi peserta didik. Kurikulum Pendidikan Diploma 3 Keperawatan tahun 2022 dikembangkan berorientasi pada Outcome Based Education (OBE) yang menjadi standar penilaian Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) atau akreditasi.
Berkaitan dengan hal tersebut diatas, Program Studi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas JemberKampus Lumajang akan menyelenggarakan Lokakarya Peninjauan Kurikulum guna merumuskan naskah kurikulum berdasarkan revitalisasi kurikulum yang disesuaikan dengan perubahan kebijakan dan tuntutan kebutuhan tahun 2022.
Tujuan
Tujuan Umum
- Tujuan Umum
Meningkatkan proses akademik melalui evaluasi dan peninjauan kurikulum prodi D3 Keperawatan F.Kep Unej kampus Lumajang yang berkualitas.
- Tujuan Khusus
- Dapat diperolehnya data atau masukan dari dunia industri atau pengguna lulusan Program Studi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember.
- Dapat tersusunnya kurikulum Program Studi D3 Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Jember berdasarkan update kurikulum tahun 2022.
Susunan Acara
WAKTU | MATERI | PEMBICARA | PJ | ||
Hari I : Selasa, 06 Desember 2022 | |||||
07.30 – 08.00 | Registrasi peserta | Panitia | |||
08.00 – 08.30 | Ceremonial :
1. Pembukaan 2. Lagu Indonesia Raya 3. Laporan Koordinator Prodi 4. Sambutan Dekan Fakultas Keperawatan Unej sekaligus membuka kegiatan Lokakarya 5. Pembacaan doa |
1. Like Eka R,SE 2. Zhulfikar Reza 3. Ns. Nurul Hayati, M.M. 4. Ns. Lantin Sulistyorini,M.Kes 5. Hadi Wibowo |
|||
08.30 – 09.00 | Coffee break | Panitia | |||
09.00 – 10.00
(60 menit) |
Sesi I :
“Paparan Urgency kurikulum berbasis OBC ” |
AIPVIKI | Ns. Rizeki DF S.Kep.,M.Kep | ||
10.00-11.30
(90 menit) |
Sesi II:
“Paparan update kurikulum 2022” |
AIPVIKI | Ns. Rizeki DF S.Kep.,M.Kep | ||
11.30-12.30 | ISHOMA | Panitia | |||
12.30-13.30
(60 menit) |
Sesi III:
“Paparan Regulasi merdeka belajar-kampus merdeka (bidang keperawatan) “ |
AIPVIKI | Ns. Rizeki DF S.Kep.,M.Kep | ||
13.30-14.30
(60 menit) |
Sesi IV :
“Paparan LP3M Unej” |
LP3M | Ns. Rizeki DF S.Kep.,M.Kep | ||
14.30-15.30
(60 menit) |
Sesi IV :
Tanggapan dari user (RS, Puskesmas, Klinik) |
Direktur/Kepala/Kabid. Keperawatan RS, Puskesmas, Klinik | Ns. Arista M., S.Kep.,M.Kep | ||
15.30 – 16.00
|
Sholat dan coffee break | Panitia | |||
Hari II : Rabu, 07 Desember 2022 | |||||
07.30 – 08.00 | Registrasi ulang | Panitia | |||
08.00 – 09.00
(60 menit) |
Sesi I :
Paparan Tracer Study |
Ns. Nurul Hayati,S.Kep.,MM | Ns Syaifuddin K, S.Kep.,M.Kep | ||
09.00 – 09.30 | Coffee break | Panitia | |||
09.30 – 10.30
(60 menit) |
Sesi II :
“FGD Evaluasi dan Peninjauan Kurikulum”
Kelp. I: Penempatan CPL dan Mata Kuliah, serta tindak lanjut hasil audit internal Kelp. II: Penentuan bahan kajian Kelp. III: Penentuan kompetensi praktek klinik Kelp. IV: Kebutuhan user terhadap lulusan |
1. Ns. Indriana NI., M.Kep. 2. Ns. Musviro., M.Kep. 3. Ns. Primasari MR, M.Kep. 4. Ns Zainal A,S.Kep.,M.Kes |
Ns. Arista M, S.Kep.,M.Kep | ||
10.30 – 11.30 (60 menit) |
Lanjutan Sesi II: “Paparan Hasil FGD Evaluasi Kurikulum D3 Keperawatan
Fakultas Keperawatan Universitas Jember” |
1. Ns. Indriana NI., M.Kep. 2. Ns. Musviro., M.Kep. 3. Ns. Primasari MR, M.Kep. 4. Ns Zainal A,S.Kep.,M.Kes |
Ns. Arista M, S.Kep.,M.Kep | ||
11.30 – 12.30 | ISHOMA | Panitia | |||
12.30 – 14.30
(120 menit) |
Sesi V:
Tanggapan AIPVIKI, LP3M
|
1. AIPVIKI
2. LP3M
|
Ns. Arista M, S.Kep.,M.Kep | ||
14.30- 15.00
(30 menit) |
Sesi VI :
Paparan Rancangan Kurikulum Baru |
Ns. Nurul Hayati,S.Kep.,MM dan Ns. Indriana N.I., M.Kep. | Ns. Arista M, S.Kep.,M.Kep | ||
15.00 – 15.30 | Sholat dan Coffee Break | Panitia | |||
15.30-16.00 | Penutupan lokakarya peninjauan kurikulum oleh Dekan F.KEP UNEJ | Panitia
|